PENGARTIAN STANDART OPERASIONAL PROSEDUR (S.O.P)


Hasil gambar untuk SOP
Hasil gambar untuk SOP 


PENGERTIAN
  SOP (STANDART OPERASIONAL PROSEDUR ) adalah serangkaian intruksi kerja tertulis yng di bakukan (terdokumentasi) mengenai proses penyelenggaraan administrasi perusahaan ,bagaimana dan kapan harus di lakukan ,di mana dan oleh siapa di lakukan.

menurut  Tjipto atmoko,SOP merupakan suatu pedoman atau acuan untuk melaksanakn tugas pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kerja instansi pemerintah berdasarkan indikator-indikator teknis,administratif dan prosedural sesuai tata kerja,prosedur kerja dan sistem kerja pada unit kerja yang bersangkutan.

Manfaat SOP (standart operasional prosedure)
  • sebagai standarisasi cara yang di lakukan pegawai dalam menyelesaikan   pekerjaanya.
  • mengurangi tinkat kesalahan dan kelalaian yang mungkin di lakukan pegawai
  • meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam mengemban tugas dan tanggung jawab
  • membantu pegawai lebih mandiri
  • meningkatkan akuntibilitas pelaksanaan tugas
  • menciptakan ukuran standart kinerja
  • memberikan informasi dalam upaya peningkatan kompetensi pegawai

Tujuan SOP
  • agar pegawai menjaga konsistensi dan kinerja
  • agar mengetahui dengan jelas fungsi dan peran tiap-tiap posisi dalam organisasi
  • memperjelas alur tugas,wewenang dan tanggun jawab seorang pegawai
  • melindungi unit kerja dan pegawai dari kesalahan administrasi lainyauntuk menghidari kegagalan ,duplikasi.keraguan,inefisiensi
Fungsi SOP
  • memeperlancar tugas pegawai dan unit kerja
  • sebagai dasar hukum bila terjadi penyimpangan
  • mengetahui dengan jelas hambatan-hambatan dan mudah di lacak
  • mengarahkan pegawai untuk disiplin
  • sebagai pedoman dalam melaksanakan pekerjaan rutin.
Keuntungan SOP
  • Sop dapat di gunakan untuk mengukur kinerja pegawai
  • para pegawai akan lebih percaya diri dn tahu apa yang harus di capai dalam pekerjaan
  • Sop menjadi pedoman,alat komunikasi dan pengawasan dan menjadikan pekerjaan diselesaikan dengan konsisten.

Simbol-simbol SOP
ada 4 faktor yang dapat di jadikan dasar dalam penentuan format penyusunan SOP yaitu
  • banyaknya keputusan yang akan di buat dalam penyusunan suatu prosedur
  • banyaknya langkah dan sub langkah yang di perlukan
  • siapa yang dijadikan target dalam pelaksanaan SOP
  • tujuan yang ingin di capai dalam pembuatan SOP ini

ada 4 jenis format SOP
  • langkah sederhana (simple steps)
  • tahapan berurutan (hierarchial steps)
  • grafik (graphich)
  • diagram alir(flowchart)
teknik menyusun SOP
  • menentukan tujuan
  • membuat rancangan awal
  • melakukan evaluasi internal
  • melakukan evaluasi eksternal
  • melakukan uji coba
  • menempatkan prosedur dalam unit yang terkait
  • menjalankan prosedur yang telah di buat
LATAR BELAKANG 
  •  dalam bekerja kita harus mengetahui SOP maka dari itu kita perlu mengetahui dasar-dasarnya agar kita tidak kaget dalam memasuki dunia kerja.
MAKSUD DAN TUJUAN 
  • maksud dan tujuannya agar kita mengetahui SOP dan bagaimana melaksanakannya.
JANGKA WAKTU YANG DI BUTUHKAN
  • dalam mempelajari SOP saya membutuhkn waktu sekitar 3 jam
ALAT DAN BAHAN
  • LAPTOP/PC
  • Koneksi Internet
  • Buku SOP dan K3LH
TAHAP PELAKSANAAN
  • siapkan laptop dan materi SOP
  • di baca ,di pelajari da di pahami
  • menerapkannya pada saat bekerja
HASIL YANG DI DAPATKAN
  • hasilnya saya dapat mengetahui SOP dan bagaimana cara menerapkannya dalam bekerja.
KESIMPULAN 
  • jadi SOP berisi berbagai aturan dalam bekerja yang dibuat untuk menguranggi resiko terjadinya hal-hal yang tidak dikehendaki
REFERENSI
  • http://203.130.243.185/data/SOPManagementProject/PENGERTIAN_STANDAR_OPERASIONAL_PROSEDUR.pdf


EmoticonEmoticon